Melayani itu indah. Indah itu melayani. Masjid Baitul Hikmah berusaha berkiprah dan berkarya nyata untuk menebarkan manfaat terutama bagi kemaslahatan umat. Buktinya adalah layanan eazy passport dengan cara membangun ekosistem berkolaborasi dengan kantor imigrasi Serang. Sebelumnya masjid Baitul Hikmah telah mengajukan surat permohonan layanan Eazy Passport ini ke kantor Imigrasi Tangerang.
Eazy Passport merupakan program dari kantor imigrasi dimana pelayanan paspor dilakukan di luar Kantor Imigrasi berdasarkan permintaan dari instansi, lembaga, ataupun komunitas. Masjid Baitul Hikmah BSD sebagai salah satu contoh model komunitas yang di tengah masyarakat kembali melanjutkan layanan Eazy Passport pada tahap 2 yang kali ini Layanan Eazy Passport dilaksanakan di area masjid Baitul Hikmah BSD tepatnya pada Kamis, 21 Juli 2022 mulai pk. 09.00 Wib.
Eazy Passport juga merupakan layanan yang diluncurkan oleh Direktorat Jenderal Imigrasi pada masa pandemi COVID-19 sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah dalam memutuskan rantai penularan virus COVID-19. Layanan Eazy Passport merupakan proses pembuatan paspor secara kolektif bagi pemohon yang akan membuat paspor baru maupun penggantian paspor. Layanan ini merupakan inovasi yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat sehingga pemohon tidak perlu datang ke Kantor Imigrasi.
Eazy Passport merupakan program dari kantor imigrasi dimana pelayanan paspor dilakukan di luar Kantor Imigrasi berdasarkan permintaan dari instansi, lembaga, ataupun komunitas. Masjid Baitul Hikmah BSD sebagai salah satu contoh model komunitas yang di tengah masyarakat kembali melanjutkan layanan Eazy Passport pada tahap 2 yang kali ini Layanan Eazy Passport dilaksanakan di area masjid Baitul Hikmah BSD tepatnya pada Kamis, 21 Juli 2022 mulai pk. 09.00 Wib.
Eazy Passport juga merupakan layanan yang diluncurkan oleh Direktorat Jenderal Imigrasi pada masa pandemi COVID-19 sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah dalam memutuskan rantai penularan virus COVID-19. Layanan Eazy Passport merupakan proses pembuatan paspor secara kolektif bagi pemohon yang akan membuat paspor baru maupun penggantian paspor. Layanan ini merupakan inovasi yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat sehingga pemohon tidak perlu datang ke Kantor Imigrasi.
Untuk menggunakan layanan Eazy Passport, pemohon dalam hal masjid Baitul Hikmah menghubungi Kantor Imigrasi setempat dengan memenuhi ketentuan dan prosedur yang berlaku, yaitu: permohonan paspor secara kolektif dan permohonan merupakan permohonan paspor baru serta penggantian paspor habis berlaku/halaman penuh.
Layanan Eazy Passport dapat digunakan oleh suatu komunitas/organisasi, komplek perumahan, institusi Appendix (sekolah/ kampus/ asrama), serta perkantoran/ instansi (Pemerintah/ TNI/ POLRI/ BUMN/ BUMD/ Swasta) termasuk masjid Baitul Hikmah. Petugas Imigrasi akan datang di lokasi yang telah ditentukan sehingga pemohon hanya perlu membawa berkas dokumen yang dibutuhkan.
Habis tahap 1 terbitlah tahap 2. Sebanyak 33 orang telah mengikuti program eazy passport tahap 1 sehingga bagi peserta yang telah mengikuti tahap 1 ini tinggal mengambil dokumen paspornya. Sedangkan pada tahap 2 terdapat 52 orang pendaftar yang siap melakukan biometric dengan foto, sidik jari dan administrasi lainnya.
Antara diferensiasi dan testimoni. Seluruh peserta sepakat mengakui dan mengapresiasi bahwa layanan eazy passport ini merupakan diferensiasi layanan masjid Baitul Hikmah berkolaborasi dengan Kantor Imigrasi Serang, menjadi role model dan bahkan best practice bagi masjid-masjid lainnya. Masih jarang dan bisa jadi masjid Baitul Hikmah satu-satunya masjid yang memiliki success story menggandeng Kantor Imigrasi Serang untuk melayani masyarakat dengan dengan cara yang lebih mudah, lebih cepat dan nyaman.
Ada kesan tersendiri yang dirasakan peserta untuk memberikan testimoni bahwa kegiatan ini sangat posifit karena fungsi masjid tidak hanya sekedar sebagai tempat ibadah saja melainkan juga sebagai tempat melayani dan memudahkan keperluan jamaah seperti mengurus paspor karena jika mengurus paspor secara regular membutuhkan waktu yang lebih lama, jaraknya jauh dan antrian yang melelahkan. Sisi lain jika mengikuti program eazy passport di masjid Baitul maka dapat dilakukan dalam suasana yang lebih santai dan kebersamaan. Mengapresiasi atas kerja kreatif pengurus DKM Baitul Hikmah yang telah memberikan kemudahan layanan eazy passport karena kegiatan ini menjadi terobosan dan yang pertama kali sehingga berharap menjadi inspirasi, motivasi dan role model bagi masjid yang lainnya.
Selain itu ada testimoni dari peserta yang masih aktif menjadi karyawan suatu perusahaan sehingga mengakui layanan eazy passport sangat memudahkan dan mempercepat proses pengurusan paspor bagi warga Nusaloka dan sekitarnya. Tidak menunggu antrian yang lama dan tidak meninggalkan jam kerja yang lama sehingga tetap produktif.
Layanan Eazy Passport dapat digunakan oleh suatu komunitas/organisasi, komplek perumahan, institusi Appendix (sekolah/ kampus/ asrama), serta perkantoran/ instansi (Pemerintah/ TNI/ POLRI/ BUMN/ BUMD/ Swasta) termasuk masjid Baitul Hikmah. Petugas Imigrasi akan datang di lokasi yang telah ditentukan sehingga pemohon hanya perlu membawa berkas dokumen yang dibutuhkan.
Habis tahap 1 terbitlah tahap 2. Sebanyak 33 orang telah mengikuti program eazy passport tahap 1 sehingga bagi peserta yang telah mengikuti tahap 1 ini tinggal mengambil dokumen paspornya. Sedangkan pada tahap 2 terdapat 52 orang pendaftar yang siap melakukan biometric dengan foto, sidik jari dan administrasi lainnya.
Antara diferensiasi dan testimoni. Seluruh peserta sepakat mengakui dan mengapresiasi bahwa layanan eazy passport ini merupakan diferensiasi layanan masjid Baitul Hikmah berkolaborasi dengan Kantor Imigrasi Serang, menjadi role model dan bahkan best practice bagi masjid-masjid lainnya. Masih jarang dan bisa jadi masjid Baitul Hikmah satu-satunya masjid yang memiliki success story menggandeng Kantor Imigrasi Serang untuk melayani masyarakat dengan dengan cara yang lebih mudah, lebih cepat dan nyaman.
Ada kesan tersendiri yang dirasakan peserta untuk memberikan testimoni bahwa kegiatan ini sangat posifit karena fungsi masjid tidak hanya sekedar sebagai tempat ibadah saja melainkan juga sebagai tempat melayani dan memudahkan keperluan jamaah seperti mengurus paspor karena jika mengurus paspor secara regular membutuhkan waktu yang lebih lama, jaraknya jauh dan antrian yang melelahkan. Sisi lain jika mengikuti program eazy passport di masjid Baitul maka dapat dilakukan dalam suasana yang lebih santai dan kebersamaan. Mengapresiasi atas kerja kreatif pengurus DKM Baitul Hikmah yang telah memberikan kemudahan layanan eazy passport karena kegiatan ini menjadi terobosan dan yang pertama kali sehingga berharap menjadi inspirasi, motivasi dan role model bagi masjid yang lainnya.
Selain itu ada testimoni dari peserta yang masih aktif menjadi karyawan suatu perusahaan sehingga mengakui layanan eazy passport sangat memudahkan dan mempercepat proses pengurusan paspor bagi warga Nusaloka dan sekitarnya. Tidak menunggu antrian yang lama dan tidak meninggalkan jam kerja yang lama sehingga tetap produktif.
Pak Oman dari Kantor Imigrasi Serang yang menjabat sebagai Kepala Urusan Kepegawaian yang saat ini mendampingi dan mendapat penugasan sebagai tim seksi pelayanan dokumen perjalanan menyambut baik atas inisiatif dan aksi kolaborasi dan kerjasama DKM Baitul Hikmah ini dengan Kantor Imigrasi Serang. Hal ini sangat beralasan dan sejalan dengan program pemerintah dalam rangka melaksanakan program pusat untuk menjemput bola melayani masyarakat. Harapan kita kegiatan yang bermuatan pelayanan ini dapat lebih memudahkan masyarakat dan nyaman dalam mengurus paspor.
Komitmen dan konsistensi. Suradi, SE, MM selaku Ketua Umum dan pengemban amanah melayani jamaah masjid Baitul Hikmah BSD mengingatkan kembali untuk terus dan terus istiqomah di jalan kebaikan dan menebarkan manfaat dengan tagline masjid Baitul Hikmah Sinergitas Tingkatkan Kualitas dengan membumikan 3 pilar program utama Strong character, Syariah preneur dan Social responsibility dalam tataran operasional atau transaksional. Layanan eazy passpor masjid Baitul Hikmah ini yang secara teknis sebagai contact person masjid Baitul Hikmah BSD adalah bu Rina Rahmawati (bu Iin) dan bu Ratna berusaha membangun kerja kolaboratuf dengan petugas Kantor Imigrasi Serang dengan Pic mas Aldi, mas Evan dan pak Oman beserta tim lapangan.
Untuk memberikan yang terbaik dibutuhkan kerja cerdas dengan menggunakan piranti dan ilmu yang sesuai, kerja tuntas untuk menggapai hasil optimal atas upaya yang dilakukan dan kerjas ikhlas atas apa yang dilakukan adalah ketulusan beribadah kepada Allah.
Sebagai icon dan khas masjid Baitul Hikmah sebagai zona berpantun Islami maka ada pesan moral sebagai berikut :
Ada pesta ada hadiah. Hadiah dibuka isinya arloji.
Mari kita melayani para jamaah, dengan rasa gembira dan sepenuh hati..
Kecil-kecil buah duku, kalau besar buah alpukat.
Mari kita saling membantu, bersama menebar manfaat
Komitmen dan konsistensi. Suradi, SE, MM selaku Ketua Umum dan pengemban amanah melayani jamaah masjid Baitul Hikmah BSD mengingatkan kembali untuk terus dan terus istiqomah di jalan kebaikan dan menebarkan manfaat dengan tagline masjid Baitul Hikmah Sinergitas Tingkatkan Kualitas dengan membumikan 3 pilar program utama Strong character, Syariah preneur dan Social responsibility dalam tataran operasional atau transaksional. Layanan eazy passpor masjid Baitul Hikmah ini yang secara teknis sebagai contact person masjid Baitul Hikmah BSD adalah bu Rina Rahmawati (bu Iin) dan bu Ratna berusaha membangun kerja kolaboratuf dengan petugas Kantor Imigrasi Serang dengan Pic mas Aldi, mas Evan dan pak Oman beserta tim lapangan.
Untuk memberikan yang terbaik dibutuhkan kerja cerdas dengan menggunakan piranti dan ilmu yang sesuai, kerja tuntas untuk menggapai hasil optimal atas upaya yang dilakukan dan kerjas ikhlas atas apa yang dilakukan adalah ketulusan beribadah kepada Allah.
Sebagai icon dan khas masjid Baitul Hikmah sebagai zona berpantun Islami maka ada pesan moral sebagai berikut :
Ada pesta ada hadiah. Hadiah dibuka isinya arloji.
Mari kita melayani para jamaah, dengan rasa gembira dan sepenuh hati..
Kecil-kecil buah duku, kalau besar buah alpukat.
Mari kita saling membantu, bersama menebar manfaat